Klasemen ISL

Klasemen ISL : 1.Sriwijaya FC(27-64) 2.Persipura(28-55) 3.Persiwa(27-49) 4.Persija(27-45) 5.Persiba(28-45) 6.Persela(29-44) 7.Pelita Jaya(28-41) 8.Persib(28-40) 9.Mitra Kukar(27-35) 10.Persisam(27-33) 11.Persidafon(26-33) 12.PSPS(27-32) 13.Arema(29-31) 14.PSMS(28-30) 15.Gresik Utd(27-30) 16.Deltras FC(26-24) 17.PSAP(27-24) 18.Persiram(26-24)

Senin, 21 Mei 2012

Sriwijaya FC Ungguli Persiwa Wamena 3-2

Setelah sempat mengalami tekanan sengit dari Persiwa Wamena di paruh kedua, Sriwijaya FC akhirnya mengunci kemenangan tipis 3-2 atas tamunya dalam laga lanjutan ISL.
Membuka babak pertama, Sriwijaya FC yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba tampil menekan di awal babak pertama. Lewat penyerangnya, Keith Kayamba Gumbs dan Hilton Moreira, Laskar Wong Kito memberikan tekanan di jantung pertahanan Persiwa.
Di pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh ANTV ini, Gumbs mendapat peluang emas di menit 9. Lepas dari kawalan pemain belakang Persiwa, Gumbs langsung melespkan tendangan keras. Namun buruknya akurasi membuat bola terbang tinggi di atas mistar.
Empat menit kemudian, Moreira nyaris membuka keunggulan lewat tandukannya. Sial, kesigapan Galih Firmansyah menepis bola membuat peluang Moreira menguap. Memasuki 20 menit pertama, Sriwijaya terus meningkatkan gelombang serangan. Menit 17, Gumbs kembali menciptakan kesempatan. Tapi dia kurang tenang, dan tendangannya hanya menyapu angin.
Menit 30, Sriwijaya membuka keunggulan. Memanfaatkan sepak pojok, Nova Arianto menanduk bola. Kendati sempat dibuang Ricardho Merani, namun wasit Yandri mengesahkan gol Nova karena bola telah melewati garis gawang.
Terus ditekan, penyerang Persiwa Boakay Eddy Foday dan Erick Weeks Lewis turun membantu pertahanan. Sriwijaya terus melahirkan peluang. Kali ini kesempatan datang dari Hilton. Sayang, penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat bola menyamping dari mistar.
Hilton akhirnya memperlebar kedudukan menjadi 2-0. Berawal dari kesalahan koordinasi pemain belakang Persiwa, Hilton berhasil menendang bola liar untuk mengoyak jala Persiwa. Skor 2-0 untuk Sriwijaya FC bertahan hingga jeda.
Paruh kedua,  Sriwijaya yang terus mendominasi pertandingan tidak mengendurkan arus serangan. Hasilnya, Supardi membawa Laskar Wong Kito memperlebar kedudukan menjadi 3-1.
Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak bisa diselematkan oleh Galih Firmansyah setelah sempat membentur badan Jaelani Areysibi di menit 59. Kendati defisit tiga gol, Persiwa yang tidak dipermalukan tuan rumah coba bermain lebih berani.
Tim dari tanah Papua itu sukses mencuri gol lewat tandukan yang dilepaskan Shibakoya Yuichi di menit 59. Sundulan kerasnya menyambut sepak pojok, membuat Ferry Rotinsulu harus memungut bila dari gawangnya. 3-1, Persiwa memperkecil ketertinggalan.
Memasuki menit 67,  Moreira kembali mengancam. Kerja samanya dengan Gumbs membuat Sriwijaya nyaris menambah rekening gol. Namun, sentuhan terakhir yang tergesa-gesa dari Moreira membuat bola melambung di atas mistar.
Unggul penguasaan bola, Sriwijaya leluasa mengembangkan permainan.  Gumbs kembali membuang peluang di menit 77 saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Hanya saja, bola sepakan Gumbs masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Galih.
Di menit 78, Persiwa mampu mencetak gol tambahan. Gol kedua Persiwa lahir dari kaki Erik Weeks Lewis. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti hanya membuat Ferry terpana melihat bola meluncur deras ke dalam gawangnya.
Gol dari Erik membangkitkan motivasi Persiwa di 10 menit terakhir jelang bubar. Erik Weeks kembali menebar teror lewat tendangan kerasnya. Beruntung, Ferry kali ini sigap membuang bola.
Poin penuh yang didapat Sriwijaya membuat tim asuhan Kashartadi itu nyaman di puncak klasemen mengantongi 58 poin dari 25 partai, Sriwijaya terpau tujuh poin dari seteru terdekatnya, Persipura Jayapura yang berada di tempat kedua.  Di lain pihak, kekalahan ini membuat Persiwa masih statis di peringkat tiga klasemen ISL mengemas 43 poin dari 25 laga. (viva)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar